FPPM Menggeruduk Kantor Perhutani Kabupaten Blitar, Ada Apa ???

BLITAR – JYBMedia: Massa aksi dari elemen petani di wilayah perhutanan yang tergabung dalam Front Perjuangan Petani Mataraman (FPPI), melakukan demonstrasi ke Kantor Perum Perhutani Kabupaten Blitar, Selasa (27/09/2022).

Sebelumnya ratusan massa berkumpul di Taman Makam Pahlawan (TMP) dari pagi dan mulai bergerak pukul 10.00 WIB menuju perum perhutani Blitar.

Dalam orasinya Moh. Trijanto selaku koordinator aksi mengatakan agar perum perhutani melaksanakan apa yang menjadi keputusan reformasi agraria dan pemberantasan mafia tanah. Dengan data tersebut, apa yang seharusnya menjadi hak rakyat sepenuhnya dipasrahkan ke rakyat, Tanpa harus ada intimidasi antar perhutani dan masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui di Kabupaten Blitar mendapatkan lahan sekitar 14 ribu hektare, baik itu yang sudah redis atau tanah milik pemerintah yang sudah bersertifikat diberikan ke masyarakat”.

Masih banyaknya lahan yang dikuasai oleh perorangan dan memperkerjakan warga dengan upah murah serta masih adanya intimidasi.

“Kita lawan mafia tanah dan hutan yang ingin program reformasi agraria, kami melihat mafia tanah seperti sengaja dibiarkan mengambil keuntungan pribadi atas tanah yang belum jelas statusnya itu,” tambahnya.

Dari aksi tersebut menghasilkan kesepakatan, kesepahaman dengan menandatangani Pakta Integritas yang diwakili oleh Trijanto dengan Pihak Perhutani dengan saksi kedua belah pihak terkait hutan yang dikelola pemerintah dan yang sudah diserahkan ke masyarakat.

“Dengan melakukan penandatanganan ini, kami berharap tidak ada lagi kesalah pahaman lagi terkait status tanah yang sudah jelas ke masyarakat dan perhutani,” tutupnya. (rif)

Baca juga:  Penderita DB Bertambah, Warga Kota Kediri Diminta Waspada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here